Spesialis dan Ekonom Skor Penegakan BJR Cegah Putusan Bisnis Dipidana

“Tidak segala sesuatu sepatutnya diselesaikan secara pidana sehingga direksi cemas,” kata Hikmahanto dalam diskusi. Ia hadir sebagai pembicara secara online dalam diskusi yang diselenggarakan hybrid.

Business judgement rule ialah konsep saat direksi perseroan tak dapat dibebankan slot gacor gampang menang tanggung jawab secara aturan atas keputusan yang diambilnya meski keputusan hal yang demikian menimbulkan kerugian.

Konsep ini berlaku sepanjang keputusan dilaksanakan dengan itikad bagus dengan tujuan dan metode yang benar.

Dalam penjelasannya, Hikmahanto mengatakan sepatutnya ada ketentuan yang memastikan bahwa uang yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Negara bukan sebagai uang negara. Ia mengatakan segala uang yang diberikan negara pada BUMN ialah milik BUMN sebab negara telah mempunyai porsi saham di BUMN hal yang demikian.

Ketetapan ini berdasarkan ia akan memberi kepastian aturan pada direksi untuk melaksanakan pengelolaan aset. Sedangkan demikian ia mengakui masukan itu susah digunakan lantaran adanya keputusan dari Mahkamah Konstitusi bahwa uang BUMN ialah milik negara. Hikmahanto kemudian menjelaskan cuma ada tiga alasan sebuah BUMN merugi ialah sebab alasan perdata/pidana, administrasi, dan kondisi global.

Untuk alasan ketiga ini, Hikmahanto mengatakan prinsip BJR dapat diberlakukan lantaran direksi tak selalu dapat memprediksi kondisi global yang dapat mengganggu keberlangsungan perusahaan.

error: Content is protected !!