Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024, Apa Imbasnya ke Pasar Tetapi?

Komisi Pemilihan Lazim (KPU) telah memecahkan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat nasional untuk 38 provinsi di Indonesia. Walhasil, pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut dua Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mendapat suara terbanyak.

Pengumuman tersebut diukur memberikan kepastian untuk kestabilan ekonomi dan politik Indonesia. Juga menekan kekhawatiran investor yang sempat menyiapkan skenario pemilu berlangsung 2 putaran.

Equity Analyst Kanaka Hita Solvera, Andhika Cipta Labora mengatakan, unggulnya Prabowo-Gibran kemungkinan akan mengerek saham-saham di sektor yang terkait dengan program makan siang dan susu cuma-cuma. Selain itu, juga ada saham-saham yang menarik dicermati terkait Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Saham yang dapat dicermati ialah yang masuk dalam program kerja paslon nomor 2 yang menang pemilu seperti program makan siang dan susu cuma-cuma, ada JPFA, CPIN, dan ULTJ. Lalu untuk pembangunan IKN, ada PTPP dan ADHI,\\\” sebut Andhika dikutip Jumat (22/3/2024).

Senada, Pengamat Pasar Tetapi yang juga founder Traderindo.com, Wahyu Laksono mahjong ways 2 mengevaluasi pemilu yang relatif damai secara lazim memberikan sentimen positif di pasar modal, terlepas dari siapa pemenangnya. Tetapi secara khusus, Wahyu mengatakan ketika ini pasar masih konsentrasi mengawal kebijakan Bank Sentral AS, The Fed.

\\\”Khusus (pasangan) Prabowo-Gibran yang ditunjang Jokowi, jelas menjadi sentimen positif bagi saham terkait IKN utamanya, seperti infrastruktur properti dan lainnya. Berbarengan saya lebih konsentrasi terhadap dampak sentimen global, terpenting The Fed yang semalam memberikan kesempatan positif bagi pasar dengan signifikansi ke arah pelonggaran moneter lebih kuat,\\\” beber Wahyu.

Terdampak Global
Dalam catatannya, USD ketika ini melemah sementara gold, forex, dan komoditi menguat. Mengabarkannya dengan itu, Wallstreet masih terbang, bahkan S&P sentuh rekor.

\\\”Jadi logis sekiranya IHSG bahkan terdampak dan terdongkrak oleh semangat risk on global tersebut. Dan ini betul-betul fundamental dan lebih sensitif bagi arah positif IHSG,\\\” imbuh Wahyu.

Pada perdagangan hari ini, Kamis 21 Maret 2024, IHSG ditutup naik 0,10 persen ke posisi 7.338,353. IHSG dibuka pada posisi 7.331.128 dan bergerak pada bentang 7.336,595-7.396,471.

Berakhir data RTI, frekuensi perdagangan saham di Bursa tercatat sebanyak 1,19 juta kali. Volume saham yang ditransaksikan ialah 16,6 miliar lembar senilai Rp 11,18 triliun. Sebanyak 306 saham melaju di zona hijau dan 204 saham di zona merah.

Prabowo Teriak Merdeka dan Takbir Berakhir Diumumkan Menang Pilpres 2024

Calon presiden (capres) nomor urut 02 Prabowo Subianto memperkenalkan terima kasih terhadap rakyat Indonesia yang telah memilihnya di pemilihan presiden 2024. Berakhir memperkenalkan pernyataannya, Prabowo menyatakan kata merdeka dan memekikkan takbir.

itu diucapkan Prabowo ketika menggelar konferensi pers usai KPU mengumumkan hasil rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024. Prabowo lebih dulu berteriak merdeka di hadapan penunjangnya di kediaman Kertanegara IV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu malam (20/3/2024).

Menteri Pertahanan (Menhan) itu kemudian memekik takbir sambil mengepalkan tangannya. Pekikan takbir Prabowo ditiru para penunjangnya.

\\\” ini ialah bukan suci ramadhon, izinkanlah kami untuk, untuk takbir. Allahu akbar! Allahu akbar!! Allahu akbar!!,\\\” ucapnya.

\\\”Terma kasih yang berpuasa, semoga melakukan ibadahnya dengan sebaik-bagusnya,\\\” tutup Prabowo.

error: Content is protected !!