Polrestabes Medan Musnahkan Puluhan Kilo Sabu dan Ganja dari 232 Tersangka

penangkapan tersangka narkoba di medan

Polrestabes Medan menangkap 232 tersangka kasus narkoba situs spaceman slot dalam tiga bulan terakhir. Ada pun sejumlah barang bukti sabu, ganja, serta ekstasi disita. “Dari September 2023 sampai saat ini kami ungkap berbagai kasus dengan tersangka 232 orang (ditangkap). Barang bukti 78,3 kg sabu, 2,6 kg ganja, dan 283 butir ekstasi,” kata Kapolrestabes Medan Kombes Valentino Alfa Tatareda saat konferensi pers pemusnahan barang bukti narkoba di Mako Polrestabes Medan, Kamis (30/11/2023).

Valentino pun memaparkan ada empat kasus dalam rentang waktu cukup lama namun belum disampaikan karena berbagai macam kegiatan. Pertama, pada 26 Juli di loket bus, daerah Jalan Sisingamangaraja didapati ada dua koper berisi ganja seberat 35,704 gram. “Tersangkanya pada saat itu tidak ada dan sampai saat ini masih dalam penyelidikan,” ucapnya. Kedua, petugas mendapati 10,6 gram ganja di kantor JNT, Jalan Marindal, Kecamatan Patumbak. Ia menyampaikan tersangka sewaktu itu juga tidak ada dan masih diselidiki.

Ketiga, petugas mendapati 7,26 gram sabu di rumah, Jalan Pertahanan, Kecamatan Patumbak. Kala itu, petugas hendak mengungkap kasus dengan metode under cover by. Namun tersangka melarikan diri. Keempat, pengungkapan hasil pengembangan didapati 65 kg sabu pada 12 Oktober di Kabupaten Batubara. Tersangka ada tiga orang, yakni B alias E, B alias B, dan SK alias A. “Pada saat ini, barang buktinya akan dimusnahkan. Itu yang dapat saya sampaikan,” tutupnya.

Banyak Kasus Yang Terjadi Dalam 3 Bulan Terakhir

Dalam kurun empat bulan ini, Polrestabes Medan membekuk 232 tersangka narkotika dengan barang bukti puluhan kilo. Teranyar, pengungkapan yang dilakukan terhadap 4 kasus Narkotika dari 3 tersangkanya. Dari 3 tersangka ini, polisi menyita 65 kg sabu dan 35,7 kg ganja. Kapolrestabes Medan, Kombes Pol. Valentino Alfa Tatareda, di dampingi Kasat Narkoba Polrestabes Medan, AKBP Jhon R Sitepu dalam keterangan persnya di Mapolrestabes Medan, Kamis (30/11/2023) pagi menyampaikan pengungkapan kasus Narkotika ini dimulai pada periode Juli hingga November 2023.

“Empat kasus yang diungkap ini mulai dari Juli sampai Oktober di antaranya 3 temuan Narkotika di wilayah hukum Polsek Patumbak pada 26 Juli di Loket Bus PT. PMTOH Marindal, Jalan Sisingamangaraja, Kelurahan Harjo Sari II, Kecamatan Medan Amplas. Disitu ditemukan 2 koper berisi ganja seberat 35,7 kg tak bertuan,” ungkapnya.

Selanjutnya pada 1 Agustus di Kantor J&T Marindal, Jalan Marindal Pasar VII Desa Marindal, Kecamatan Patumbak ditemukan 10,06 gram ganja. Selanjutnya pada 11 September dari rumah di Jalan Pertahanan Dusun II Desa Sigara-gara, Kecamatan Patumbak di temukan barang bukti 7,26 gram sabu beserta 100 bungkus plastik klip kosong dan 1 timbangan elektrik. Tersangka juga saat ini dalam penyelidikan.

Baca Juga : Fakta Nadin Amizah Pinjam Dulu Seratus ke Orang Tak Dikenal

Kasus keempat hasil tangkapan Satuan Reserse Narkoba Polrestabes Medan pada 12 Oktober 2023 yang merupakan pengembangan dari dua tersangka DP dan D yang di bekuk pada 12 Maret 2023 di Jalinsum Desa Gunting Saga, Kecamatan Kualuh Selatan, Kabupaten Labuhanbatu Utara. “Dari situ petugas menyita barang bukti sabu seberat 68 Kg. Hasil penyelidikan, DP dan D mengakui kalau mereka merupakan jaringan internasional dibawah kendali B alias E,” jelas Kapolrestabes Medan.

Lanjutnya, Tim mendapat informasi bahwa tersangka B alias E akan kembali mengirimkan sabu dalam jumlah besar. Pada Kamis 12 Oktober 2023, Tim yang mendapat informasi itu langsung melakukan penyelidikan di sekitar perairan Sungai Udang, Kabupaten Batubara. Polisi melihat 1 mobil minibus yang mencurigakan. Petugas langsung menghampiri mobil yang di tumpangi tersangka B alias E dan kemudian mengamankan tersangka.

“Sementara itu petugas lainnya mengejar 1 mobil lagi yang diduga membawa Narkotika ke arah Perkebunan Lonsum kawasan Jalinsum Lima Puluh/Simpang Gambus, Kabupaten Batubara. Dari lokasi petugas melihat 2 Pria turun dari mobil dan berusaha melarikan diri. Petugas melakukan pengejaran dan berhasil membekuk 2 tersangka yang di ketahui berinisial B alias B dan SK alias A,” ujar mantan Dir Lantas Polda Sumatera Utara itu.

Banyak Perlawanan Yang Terjadi Ketika Penangkapan

Lebih lanjut di sampaikan Kapolrestabes Medan, petugas membawa kedua tersangka ke arah mobil yang mereka tumpangi dan melakukan penggeledahan. Hasilnya petugas menemukan 2 karung berisi sabu seberat 65 Kg. Selanjutnya para tersangka berikut barang bukti di gelandang ke Mako guna proses selanjutnya. “Sekali lagi kami tegaskan, Polrestabes Medan dan Stakeholder berkomitmen memberantas peredaran gelap Narkoba,” pungkasnya.

Usai memaparkan kronologis hasil ungkapan itu, Kombes Pol. Valentino Alfa Tatareda kemudian mengajak jajarannya untuk melakukan pemusnahan narkoba tersebut. Narkoba itu dimusnahkan dengan cara di bakar menggunakan mobile incinerator Badan Narkotika Narsional Provinsi Sumatera Utara. Sedangkan barang bukti ganja kering di bakar di dalam tong. (ASN)

error: Content is protected !!