Wikipedia Akan Deklasifikasi Organisasi Yahudi AS Karena Krisis Israel-Palestina

Wikipedia menyebut Liga Anti-Pencemaran Nama Baik (ADL), sebuah organisasi hak-hak sipil Yahudi di Amerika Serikat, “secara lazim tidak mampu diandalkan” sebagai sumber Info di dalam konflik Israel-Palestina. Situs ensiklopedia online terbesar di dunia itu terhadap Rabu 19 Juni 2024 secara efektif mendeklasifikasi organisasi berikut dari sumber utama di halaman-halamannya. Editor ensiklopedia online terbesar di dunia menyimpulkan bahwa ADL tidak mampu dipercaya sebagai sumber Info netral mengenai antisemitisme dan krisis Israel-Palestina.

Wikipedia Akan Deklasifikasi Organisasi Yahudi di Amerika Serikat

“ADL tampaknya tidak lagi menganut definisi antisemitisme yang serius, mainstream, dan memastikan secara intelektual. Namun, jadi menyerah terhadap politisasi yang tidak menyadari malu terhadap subjek yang terhadap mulanya dianggap mampu diandalkan,” seorang editor yang dikenal sebagai Iskandar323, yang memulai diskusi mengenai ADL, tulisnya di dalam utas debat. Para editor menyoroti definisi Zionisme, gerakan nasionalis Yahudi yang menyarankan pembentukan negara Israel, sebagai alasan utama deklasifikasi tersebut.

Keputusan tersebut, yang menyamakan ADL bersama tabloid, merupakan pukulan telak terhadap status historis organisasi berikut sebagai sumber Info utama tentang pelacakan antisemitisme di AS. ADL hadapi pengawasan ketat atas metodologinya dan definisi kakunya mengenai antisemitisme. Para ahli berulang kali membuktikan skeptis terhadap ketentuan organisasi berikut untuk mengklasifikasikan demonstrasi yang menampilkan “nyanyian dan slogan anti-Zionis” sebagai antisemit.

Kritikus berpendapat bahwa klasifikasi ini tidak mewakili semua spektrum antisemitisme, sebab tidak termasuk kelompok progresif Yahudi dan kelompok lain yang kronis terhadap Israel. The Forward, sebuah surat kabar Yahudi Amerika, menemukan setidaknya 3.000 persoalan yang mengakibatkan kecemasan mengenai sistem pencatatan antisemit ADL. Keputusan ini tampaknya mencerminkan posisi CEO ADL Jonathan Greenblatt bahwa “anti-Zionisme adalah antisemitisme, titik,” layaknya yang ia nyatakan di dalam pidatonya terhadap 2022.

Baca Juga: Telah Terjadi Penembakan Supermarket Arkansas AS Tiga Orang Tewas dan 10 Cedera

Greenblatt kerap dikritik sebab sikapnya terhadap persoalan ini dan menopang Israel bersama membabi buta. Pada November, dia menopang Elon Musk, yang sudah mengunggah teori konspirasi antisemit di akun X-nya. Sementara baru-baru ini, dia melukiskan protes mahasiswa AS sebagai “proksi” Iran dan memperbandingkan syal keffiyeh Palestina bersama swastika. Dalam sebuah pernyataan, ADL mengatakan ketentuan Wikipedia adalah anggota dari “kampanye untuk mendelegitimasi ADL.” “Ini adalah perkembangan yang menyedihkan bagi penelitian dan pendidikan, tapi ADL tidak dapat gentar di dalam perjuangan lama kami melawan antisemitisme dan segala bentuk kebencian,” kata pernyataan itu.

error: Content is protected !!