Jokowi Resmikan Jalan Inpres di Kalimantan Barat Senilai Rp 648 Miliar

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengerjakan kunjungan kerja ke kalimantan Barat pada Rabu ini. Dalam kunjungan ini, Jokowi meresmikan Udara Mentawai, memantau stok beras di gudang Bulog dan juga memperhatikan pembangunan smelter alumina.

Kecuali itu, Presiden Jokowi juga meresmikan 24 ruas jalan di Kalimantan Barat dengan total skor anggaran mencapai Rp 648 miliar. Jalan yang dibangun atau dibetuli sepanjang 165 kilometer.

Pembangunanjalan-jalan tersebut adalah progres Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah.

Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pada siang hari ini progres Inpres Jalan Daerah di Provinsi Kalimantan Barat aku nyatakan telah diatasi,\\\” ujar Presiden Jokowi dikutip dari Antara, Rabu (20/3/2024).

Presiden Jokowi ingin pembangunan infrastruktur jalan tersebut dapat meningkatkan mobilitas daftar sbobet orang dan barang di wilayah sekitar.

\\\”Kita harapkan jalan-jalan yang rusak semuanya telah dapat kita perbaiki, sehingga mobilitas orang dan barang yang melalui jalan-jalan ini, mobilitas untuk logistik yang melalui jalan ini, dapat semuanya serba pesat,\\\” kata Jokowi.

Lebih lanjut, Presiden juga menekankan pentingnya pembangunan infrastruktur jalan dalam menurunkan tarif logistik.

Tidak hanya itu, infrastruktur jalan juga diharapkan dapat meningkatkan tenaga saing barang-barang lokal. \\\”Dan menghasilkan barang-barang yang ada menjadi lebih murah dan kompetitif,\\\” ujar Presiden pula.

Jokowi Resmikan Udara Singkawang Kalbar, Pengusaha Lokal Fals Rp 155 miliar

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Udara Udara atau Udara Singkawang, di Kota Singkawang, Kalimantan Barat (Kalbar), Rabu.

\\\”Dengan mengucap bismilahirohmanirohim, pada pagi hari ini, aku resmikan Udara Udara Singkawang di Kota Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat,\\\” kata Presiden Jokowi, dikutip dari Antara, Rabu (20/3/2024).

Presiden membeberkan bahwa Udara Singkawang dibangun melalui skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU), dan juga bantuan corporate social responsibility (CSR) dari para pengusaha lokal di Kota Singkawang.

laporan dari Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Presiden menyebutkan dana pembangunan Udara Singkawang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp272 miliar, dan juga dari para pengusaha lokal Rp155 miliar.

Presiden Jokowi mempersembahkan kalau skema KPBU ataupun bantuan CSR tersebut dapat dikerjakan di banyak proyek lainnya seperti airport dan pelabuhan, karenanya akan mempercepat pembangunan infrastruktur di tanah air.

\\\”Artinya, orang-orang yang berasal dari kota itu, orang-orang yang berasal dari kabupaten itu, orang-orang yang berasal dari provinsi itu, juga ikut berpartisipasi kepada daerahnya masing-masing,\\\” ujar Presiden.

 

error: Content is protected !!