Jaga Daya Bendung Tubuh dengan Makan 3 Jam Sekali Saat Bepergian Jauh

Pola makan ketika melakukan perjalanan jauh berbeda dari pola makan sehari-hari. Idealnya individu yang dalam perjalanan jauh makan 3 jam sekali. Menurut pakar gizi lulusan Universitas Indonesia Dr dr Luciana B. Sutanto, MS. SpGK. (K), makan tiga jam sekali cocok keperluan itu guna menjaga daya bendung dan daya tubuh.

\\\”Maksudnya kalau lagi disediain banyak, dimakan terus itu nggak bagus, apalagi untuk yang punya penyakit,” kata Luciana di Jakarta

Perjalanan jauh yang dimaksud seperti perjalanan haji yang juga melibatkan banyak aktivitas. Dengan makan tiap tiga jam sekali akan berguna bagi tubuh. Makan teratur dengan konsumsi gizi seimbang seperti karbohidrat, sayur dan buah akan menambah daya selama berkegiatan di daerah tujuan.

Luciana mengatakan, sedangkan tersedia banyak makanan, konsisten patut memandang konsep gizi seimbang yaitu dengan porsi sayur yang cukup cocok keperluan tubuh.

Hindari Makan Berlebih
Luciana juga merekomendasikan utuk menghindari makan terlalu banyak, terutama bagi individu dengan penyakit turunan seperti kolesterol tinggi dan slot spaceman diabetes karena dikhawatirkan akan kambuh ketika di tujuan maupun ketika kembali ke Indonesia.

“Tetap makan sayur, kadang-kadang keasyikan makan sedap sayurnya nggak usah dimakan, sedangkan sayur itu penting banget untuk menjaga keteraturan membuang air besar, jadi konsisten turut gizi seimbang,” katanya.

Suplemen Serat
Bila jarang menemukan sayur atau makanan berserat di daerah tujuan, Luciana merekomendasikan membawa suplemen serat. Tetapi pengaplikasian suplemen ini direkomendasikan untuk dicoba dahulu dikonsumsi di Indonesia supaya kalau terjadi reaksi tertentu dapat segera ditangani atau dicari suplemen lain.

Suplemen serat juga dapat membantu menuntaskan kesusahan membuang air besar yang umum terjadi ketika melakukan perjalanan jauh.

Makan Camilan dan Bawa Persediaan Obat
Kecuali itu, untuk mempertahankan daya selama di perjalanan, Luciana juga merekomendasikan untuk banyak konsumsi camilan di pesawat ketika sedang tak tersedia makanan.

“Misal biskuit atau cokelat, minuman yang tinggal seduh kalau ideal jam-jam terbang lagi nggak ada makanan, makan bekal sendiri,” katanya.

Hal penting lainnya yaitu senantiasa sedia obat-obatan yang rutin dikonsumsi supaya tak kesusahan mencari obat di daerah tujuan karena alergi atau perbedaan kandungan obat.

error: Content is protected !!