Arahan Jokowi Tuntas, PLN Sukses Perkuat Keandalan Listrik Musi Rawas Utara

PT PLN (Persero) seketika bergegas mengerjakan arahan Presiden Joko Widodo (Jjokowi) untuk meningkatkan layanan kelistrikan Rumah Sakit Awam Tempat (RSUD) Rupit di Kabupaten Musi Rawas Utara, Provinsi Sumatera Selatan. Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo malah turun seketika mengerjakan pemantauan Sabtu (1/6/2024).

Bukan cuma untuk RSUD Rupit, koreksi mutu listrik di Kabupaten Musi Rawas Utara juga dilakukan PLN dan kini menjadi jauh lebih andal. Darmawan menjelaskan, absensinya di RSUD Rupit untuk menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo dan bukan cuma meningkatkan keandalan listrik di RSUD namun segala tempat Kabupaten Musi Rawas Utara.

Kami hadir di sini untuk seketika menindaklanjuti dengan kencang arahan Bapak Presiden. Ialah mempertimbangkan peningkatan slot spaceman mutu dan keandalan pasokan listrik, tak cuma untuk RSUD Rupit ini, namun untuk segala kawasan Musi Rawas Utara,” ucap Darmawan dalam keterangan tertulis.

Darmawan menambahkan pihaknya sudah mengerjakan pengecekan dan memetakan keadaan yang terjadi di lapangan. Menurutnya, penurunan keandalan disebabkan jarak jaringan distribusi yang sangat panjang, menempuh 70 kilometer dengan keadaan geografis melewati perbukitan dan perkebunan.

Sebagai solusi jangka pendek, PLN sudah memasang infrastruktur pendorong yang dilengkapi dengan Automatic Change Over Switch (ACOS) untuk meningkatkan keandalan pasokan listrik. Kemudian yang sebelumnya RSUD cuma dipasok dari 1 penyulang (jalur pasokan), kini menjadi 2 penyulang.

“Bahkan kami tambah jaringan khusus untuk RSUD. Sehingga dalam waktu kencang situasi sulit ini bisa diselesaikan,” tambah Darmawan.

Solusi Rentang Panjang

Darmawan menambahkan untuk meningkatkan keandalan listrik yang stabil di Musi Rawas Utara, PLN juga melengkapi gardu hubung memakai kapasitor sehingga suplai listrik menjadi semakin andal.

Tidak cuma solusi jangka pendek bagi RSUD, pihaknya juga sudah menyiapkan solusi jangka panjang berupa penambahan infrastruktur gardu induk dan transmisi. Infrastruktur ini akan meningkatkan keandalan dan mutu pasokan listrik secara permanen di segala Kabupaten Musi Rawas Utara.

“Kita tak stop di situ, kita seketika membangun infrastruktur yang permanen dan kokoh. Kami percepat pembangunan transmisi dan gardu induk supaya bisa diselesaikan pada tahun depan,” tutur Darmawan.

Untuk menyukseskan pembangunan tersebut, Darmawan minta dukungan para pemangku kepentingan dan segala masyarakat di Kabupaten Musi Rawas Utara.

“Tadi seketika kita diskusi terkait tantangan di lapangan, kami yakin dengan dukungan luar lazim dari Bapak Bupati dan kolaborasi, tantangan yang ada bisa kita hadapi supaya listrik di Kabupaten Musi Rawas andal. Kami yakin listrik ini akan berkhasiat bagi peningkatan investasi, pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” terang Darmawan.

Pada kans tersebut Darmawan beserta jajaran juga mengerjakan pertemuan dengan Bupati Musi Rawas Utara Devi Suhartoni dan Direktur RSUD Rupit Ladonna Sianturi.

 

 

 

error: Content is protected !!