7 Negara Arab yang Bisa Mengalahkan Kekuatan Militer Israel

7 Negara Arab yang Bisa Mengalahkan Kekuatan Militer Israel

Konflik Israel dan Palestina yang pecah sejak 7 Oktober 2023 berpotensi mengakibatkan ketegangan bersama negara-negara Arab lainnya, termasuk Mesir. Baru-baru ini, interaksi pada Mesir dan Israel jadi memanas akibat tewasnya seorang tentara Mesir dalam baku tembak di dekat perlintasan Rafah. Insiden ini memperburuk ketegangan yang udah tersedia sejak dimulainya perang di Jalur Gaza.

Israel sendiri disebut sebagai negara bersama kekuatan militer terbesar di dunia. Menurut Global Firepower, saat ini kekuatan militer Israel menempati posisi ke 17 dari 145 negara. Meskipun Israel punyai keunggulan militer, namun tersedia sebagian negara Arab termasuk punyai potensi untuk mengalahkan Israel

Negara Arab yang Bisa Mengalahkan Israel

Lantas, apa saja negara arab yang mampu mengalahkan Israel? Berikut informasinya.

1. Mesir

Mesir adalah negara Arab bersama kekuatan militer yang paling kuat di kawasan ini. Kekuatan militernya lebih-lebih melampaui Israel yaitu berada di peringkat 15. Negara ini disebut-sebut mengalokasikan dana untuk proses pertahanan nasional menggapai US$ 4,3 miliar atau setara Rp 68,2 triliun per tahun. Angkatan bersenjata Mesir punyai lebih dari 1,2 juta personel, yang didukung oleh angkatan udara yang kuat bersama lebih dari 1000 pesawat tempur. Persenjataan angkatan daratnya termasuk kuat bersama punyai lebih dari 5000 tank.

2. Arab Saudi

Arab Saudi termasuk negara Arab yang punyai anggaran pertahanan memadai besar menggapai US$ 71,7 miliar per tahun. Tak heran, kekuatan militer Arab Saudi menempati ranking 23 dari 145 negara. Angkatan bersenjatanya terdiri dari kurang lebih 407.000 personel, bersama angkatan udara yang dilengkapi bersama pesawat tempur modern. Selain itu, angkatan daratnya punyai armada tank sebanyak 1.485. Angkatan laut Saudi termasuk berkembang pesat yaitu punyai 7 fregat dan 4 korvet.

3. Aljazair

Meski berada di benua Afrika, Aljazair termasuk negara Arab bersama kekuatan militer yang memadai besar dan menempati peringkat 26. Aljazair punyai angkatan bersenjata kurang lebih 610.000 personil. Dengan anggaran sebesar US$ 21,6 miliar per tahun, negara ini punyai angkatan darat yang kuat, bersama ribuan tank, artileri, dan kendaraan tempur lapis baja. Angkatan udaranya dilengkapi bersama pesawat tempur sebanyak 605 unit. Untuk angkatan lautnya, Aljazair punyai aset bersifat kapal perang sebanyak 24 unit, kapal selam 6 unit dan kapal patrol sebanyak 75 unit.

4. Irak

Saat ini Irak mengalokasikan dana pertahanan capai US$ 5,2 miliar dan kapabilitas militernya mendapat peringkat 45. Total angkatan bersenjata Irak diperkirakan capai 293.000 personil. Alutsista negara ini terhitung lengkap layaknya kendaraan tempur lapis baja, artileri, dan tank untuk angkatan darat. Sementara angkatan udaranya dilengkapi bersama dengan pesawat tempur sampai helikopter serang, dan pesawat pengintai. Meski angkatan lautnya lebih kecil, Irak terus memperkuat pertahanan maritimnya bersama dengan kapal patrol sebanyak 39 unit dan kapal perang kecil sebanyak 4 unit.

Baca Juga: Kim Jong Un Ancam Gunakan Seluruh Kekuatan Militer untuk Lenyapkan Korea Selatan

5. Uni Emirat Arab (UEA)

Meskipun punya populasi yang lebih kecil dibandingkan bersama dengan Mesir dan Arab Saudi, UEA punya angkatan bersenjata yang amat modern dan terlatih. Negara Arab ini tempati posisi ke 51 sebagai negara bersama dengan kapabilitas militer terbesar dan punya 207.000 personil militer aktif. Angkatan udaran dan daratnya dilengkapi bersama dengan pesawat tempur serta tank generasi terbaru. Negara ini tercatat mengalokasikan dana pertahanan sebesar US$ 15,5 miliar.

6. Suriah

Sebelum terjadinya perang saudara yang berkepanjangan, Suriah punya salah satu kapabilitas militer terbesar di Timur Tengah. Meskipun angkatan bersenjata Suriah sanggup dibilang melemah akibat konflik internal, tapi negara ini mempunyai alutsista yang mumpuni mulai dari mempunyai 168 jet tempur, 57 unit pesawat serang, 67 unit pesawat latih, sampai 2.720 kendaraan lapis baja. Dengan anggaran pertahanan sebesar US$ 1,44 miliar, negara ini tempati peringkat 60 dari 145 sebagai negara bersama dengan kapabilitas militer terkuat.

7. Maroko

Kekuatan militer Maroko tempati ranking 61 dari 145 negara. Dengan alokasi dana pertahanan sebesar US$ 12 miliar, angkatan bersenjata Maroko terdiri dari sekitar 395.800 personel. Angkatan daratya dilengkapi bersama dengan peralatan canggih dan pertolongan logistik yang kuat layaknya kendaraan tempur lapis baja, artileri, dan tank, Sementara angkatan udaranya dilengkapi bersama dengan pesawat tempur dan helikopter serang. Angkatan laut Maroko terhitung amat diperkuat bersama dengan frigat modern dan kapal patroli, dan kapal amfibi.

error: Content is protected !!